Friday, January 13, 2012

Istilah-istilah dalam Batu Permata

Mohs = Skala kekerasan yang dipakai untuk menggolongkan jenis batu permata. Contoh Blue Sapphire dan Ruby adalah batu permata yang ada di kelas 9 mohs sementara berlian ada di 10 mohs.

Star (bintang) = Adalah bentuk segi empat atau enam (umum) yang terjadi ketika batu permata terkena cahaya. Proses ini terjadi akibat terjadinya pembiasan cahaya. Star tekadang menjadi patokan bagi beberapa pecinta batu. Hal yang perlu diketahui : cara cutting (potong) maupun bentuk batu dan jenis batu bisa dikondisikan untuk menjadi "Star".

Kinceng = Sebagian orang Jawa Timur menggunakan istilah ini untuk menandakan warna2 yang terjadi akibat adanya garis pemisah yang terjadi secara alami didalam kandungan mineral batu.

Chatam (catam) = Adalah jenis batu hasil reproses (daur ulang). Batu Chatam tergolong batu yang dibuat kembali, karenanya harganya relatif lebih murah dari batu yang tidak di proses (bentuk) ulang.

Doblet = Adalah hasil perkawinan dua batu yang biasanya sejenis. Teknologi ini dibuat untuk memperbesar tampilan (phisik) batu. Jenis ini memerlukan keahlian tinggi dan sudah tidak banyak ber edar.

Air = Adalah bahasa untuk menandakan adanya warna seperti bentuk air yang terpisah di dalam kandungan batu. Biasanya air terjadi di batu2 jenis moonstone, garut maupun batu2 yang berasal dari mineral sejenis. Air bukan samasekali titik(spot) seperti udara. Tetapi pemisahan warna secara horisontal yang memberikan kesan adanya air didalam batu.

Sleksel = Adalah istilah patahan yang terjadi di dalam batu. Ada yang bersifat alami, ada yang bersifat accident (kecelakaan). yang perlu diperhatikan bahwa sleksel bisa naik ke atas maupun tembus ke bawah.

Burned = Adalah proses pematangan batu dengan cara dibakar dalam temp tingi atau di bebani kandungan kimia dengan proses khusus. Hanya para akhli yang bisa mengetahui dengan pasti apakah batu tersebut hasil burned atau bukan. Sekali di Burned, maka warna batu akan permanent (tetap) pada warna terakhir di burned.

CHATOYANCY adalah Phenomena atau "Realita Keunikan" yang dimiliki oleh batu Cat Eye berupa garis/tali melintang vertikal di permukaan batu permata yang selalu bergerak lurus kekiri dan kekanan saat digerak-gerakkan. Secara ilmiah chatoyancy tersebut terjadi karena disebabkan oleh pantulan sinar pada serabut2 halus atau pipa2 sangat halus yang letaknya sejajar.
Sumber : http://batuqq.blogspot.com