Monday, September 26, 2011

Kuliner : Nasi Goreng / Warung Bakmi Pak Broto



Nasi goreng yang satu ini memang sangat luar biasa, disamping enak dan pas bumbunya juga memilki nama sesuai dengan kotanya yaitu nasi goreng "Magelangan" yang artinya nasi goreng yang dicampur dengan mi goreng dan irisan ayam kampung.
pak Broto adalah mbah nya nasi goreng yang mulai berkiprah di dunia pernasigorengan sejak masih menggunakan alat angkring sampai kemudian menetap di dukuh Noyoditan sebuah daerah di selatan SMA Taruna Nusantara Magelang. Disitulah warung Nasi Goreng ini dicari oleh para penggemarnya, sajian khas pedas manis menjadi ciri khasnya disamping menu lain seperti ; tongseng ayam, nasi godok, mi godok dan mi goreng .
Yang unik dari Bakmie Pak Broto ini meskipun antreannya panjang tapi kita nggak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati "Nasi Goreng Magelangan" andalan warung ini. Rasanya jangan ditanya lagi .......... Pasti Maknyuuus!   Porsi juga lumayan besar, dijamin nendang di perut. Yang lebih penting lagi, harga sangat terjangkau.
Sekarang ini jurus nasi gorengnya di teruskan oleh beberapa kerabat yang menyajikan rasa dan taste yang tidak jauh berbeda, lahirlah nasi goreng Pak Man di tepi jalan magelang-purworejo.
Katanya sih,  yang namanya pak Man ini adalah tukang masaknya pak BROTO jika pak BROTO berhalangan yang gantiin ya pak MAN ini jadi tentu saja hasil masakannya juga sama enaknya dengan tempatnya pak BROTO ,memang warungnya pak MAN ini untuk membagi konsumen/pembeli dari warungnya PAK BROTO karena jika cuma dilayani di satu tempat terlalu lama nunggunya bisa2 sampai nomor 70 atau bahkan lebih. Tempatnya pak MAN lebih mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan raya sekitar 500meter sebelah selatan SMU TARUNA NUSANTARA jadi kalau ada yanng nggak sabar nunggu di tempatnya pakBROTO bisa beralih ke Nasi Goreng PakMAN ini. Kalo kalian mengaku penggila nasi goreng jangan bangga dulu sebelum nyobain punya pak broto atau Pak Man.
Warung Pak Broto dan Pak Man hanya buka pagi sampai siang. Bila kalian tidak sempat, baru datang pada sore atau malam maka jangan takut karena di pinggir jalan Magelang Purworejo, tepatnya pas sebelum belok ke Warung Pak Broto ada Warung Pak Broto Junior. Pemasaknya adalah anaknya sendiri. Kata orang, kelebihannya dari Pak Broto, yang ini ngasih ayamnya lebih banyak hehe...

2 comments:

octa said...

Siipp banget deh pokoke nasi gorengnya mbah broto,nasi goreng paling ueeenak di magelang.tp klo antrinya banyak bisa ke pak man cabangnya pak broto.pkoknya enak buanget deh..............

Unknown said...

Mantap bakmi pak broto walau sang legend sdh tiada.yg neruskan anaknya. (Mbk.tini)tetap sama mantap roso roso.